Chicillya widhya’s Weblog

October 19, 2008

Tugas Kelompok(Sejarah Perkembangan Internet)

Filed under: Uncategorized — by chicillya @ 4:38 am

Sejarah Perkembangan Internet

   Pada tahun 1960-an Departemen Pertahanan Amerika Serikat khawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir.Hal ini membuat dimulainya penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki departemen pertahanan dalam satu instalasi.Pada bulan Oktober 1962 dimulailah program riset komputer di ARPA(Advanced Research Projects Agency)dengan Joseph Licklider sebagai ketua program pertama.

   Pada tahun 1965 dengan bantuan dan dari ARPA,Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide Area Network yang pertama.Mereka menghubungkan komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di Santa Monica melalui jaringan telepon.

   Pada tahun 1966 Bob Taylor dari ARPAmenerima bantuan dana dari beberapa universitas di Amerika Serikat untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang mrnghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas yang mendanai percobaan ini.Tiga tahun kemudian jaringan tersebut berhasil dibuat yang disebut sebagai ARPANET.Jaringan itu kemudian menjadi cikal bakal lahirnya internet.

   Internet,yang pada saat itu disebut dengan ARPANET,pertama kali online pada tahun 1969.Pada awalnya ARPANET menghubungkan komputer-komputer di berbagai universitas di barat daya Amerika Serikat,antara lain University of California Los Angeles(UCLA),Stanford Research Institute,University of California Santa Barbara,dan University of Utah.

    Pada bulan Juni 1970 beberapa universitas dan lembaga lain juga ikut bergabung.Pada tahun 1971 The Network Working Group menyelesaikan protokol Telnet.Pada tahun 1972,Ray Tomlinson dari BBN menulis program yang dapat mengirimkan surat secara elektronik melalui ARPANET.Pada akhir tahun 1980-an,simbol @ kemudian digunakan sebagai standar di seluruh dunia.

    Pada tahun 1973 dimulai perkembangan sebuah protokol yang di kemudian hari disebut dengan protokol TCP/IP oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Vinton Cerf dari Stanford dan Bob Kahn dari DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency).

    Pada tahun 1986 jumlah jaringan yang tergabung ke internet berkembag dengan pesat.Beberapa negara,seperti Australia,Jerman,Israel,Italia,Jepang,Meksiko,Belanda,Selandia Baru,dan Inggris terhubung dengan internet.Pada tahun 1990 ARPANET resmi ditutup.Beberapa aplikasi internet,seperti Perpustakaan Obat Nasional Amerika Serikat dan Bursa Dow Jones mulai online di internet.

    Pada tahun 1993 dikembangkan aplikasi browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Anddreessen bersama timnya di National Center for Supercomputing Applications (NCSA).Addreessen kemudian keluar dari NCSA dan menjadi otak di belakang Netscape Corp yang kemudian membuat Netscape,browser yang paling sukses.Sampai akhirnya,Microsoft mengembangkan Microsoft Internet Explorer.

    Kecepatan koneksi menjadi hal yang penting,mengingat semakin besarnya kebutuhan akan sarana pertukaran informasi.Modem dengan kecepatan 56kbps semula dianggap cukup memadai.Namun,saat ini kurang menjadi kurang memadai,terutama untuk mengirimkan dan menerima aplikasi-aplikasi multimedia kualitas tinggi.Karena itu,dikembangkanlah teknologi Digital Subscriber Lines (DSL)yang mempunyai kemampuan untuk mengirimkan data lebih cepat.

     Saat ini kita dapat mengakses internet melalui jaringan nirkabel WiFi maupun melalui layanan GPRS dan 3G yang mempunyai kecepatan akses lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan kabel.Pada tahun 1995 diperkirakan 25 juta orang telah menjadi pengguna internet.

    Perkembangan penggunaan internet di Indonesia juga tidak kalah cepat.Pada tahun 1995 pengguna internet di Indonesia mencapai 10.000 orang.Jumlah ini meningkat 10 kali lipat pada tahun 1997.Jumlah pengguna internet terus bertambah tiap tahunnya.Menurut eTForcasts jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2005 telah mencapai 18.000.000 orang atau 3,6 kali lebih besar dari yang diperkirakan.

    Di seluruh dunia,Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna internet terbesar ke-15. Sedangkan untuk kawasan Asia,Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna terbesar kelima di bawah Cina,Jepang,India,dan Korea Selatan.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: